5 Tips Sukses Usaha Bengkel Untuk Anak Muda

5 Tips Sukses Usaha Bengkel Untuk Anak Muda

Sepeda motor telah menjadi alat transportasi yang merakyat. Hampir semua lapisan masyarakat telah menggunakan alat transportasi jenis ini. Selain itu, terdapatnya berbagai kemudahan untuk memiliki motor serta harganya yang murah dan terjangkau, motor juga memiliki konsumsi bahan bakar yang irit bila dibandingkan dengan alat transportasi yang lainnya.

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan motor, maka semakin besar pula peluang anak muda untuk mendirikan usaha seperti usaha bengkel motor. Pada era sekarang ini mencari pekerjaan untuk anak muda memang sedikit sulit, belum lagi ditambah dengan persaingan yang sangat pesat untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Tidak heran jika saat ini banyak anak muda yang memilih menganggur di rumah dan menjadi beban orang tuanya.

Untuk itu, bagi kalian para anak muda sebaiknya memanfaatkan peluang ini untuk membangun usaha atau bisnis bengkel motor. Karena setiap tahunnya pengguna motor akan selalu meningkat dan terus bertambah. Untuk kalian para anak muda yang masih ragu untuk membangun usaha ini, berikut ini kami berikan beberapa tips sukses usaha bengkel untuk anak muda.

Tips Sukses Usaha Bengkel Untuk Anak Muda

1. Menyiapkan Tempat Yang Strategis

Sebelum membuka bengkel, tempat menjadi hal yang penting yang harus diperhatikan. Kalian perlu membuka bengkel di tempat yang strategis yang mudah dilihat serta dijangkau oleh masyarakat. Memang tempat yang strategis akan mempengaruhi anggaran untuk sewa tempat atau lahan untuk membangun bengkel. Akan tetapi hal ini akan sepadan dengan hasil yang kita dapatkan.

Baca Juga: 

Kalian jangan beranggapan bahwa membuka bengkel di tempat tinggal yang kalian miliki akan memudahkan dan dapat membantu kalian dalam masalah biaya. Pemikiran itu harus kalian pertimbangkan, apabila anda sudah memiliki pelanggan yang lumayan banyak sebelumnya serta pelanggan telah mengetahui layanan anda dalam melayani konsumen, pilihan tempat tinggal sebagai lahan atau tempat usaha dapat memiliki resiko lambatnya pertumbuhan bisnis bengkel motor yang kalian bangun. Kalian memang tidak akan mengeluarkan biaya untuk sewa tempat atau lahan, namun kalian juga tidak akan mempunyai pertumbuhan usaha atau bisnis yang signifikan.

Usaha Bengkel Untuk Anak Muda

2. Menyiapkan Montir Yang Dapat Diandalkan

Apabila kalian merupakan tipe orang yang tidak mengetahui masalah teknik mesin motor, kalian perlu mencari montir yang dapat diandalkan untuk dapat membantu menangani masalah pada motor pelanggan. Untuk menghemat masalah biaya pengeluaran tenaga kerja, kalian yang baru saja membuka bengkel tidak perlu banyak mencari montir. Kalian hanya perlu mempekerjakan satu orang saja yang dapat dipercaya. Seiring berjalannya waktu, kalian juga dapat belajar dari montir tersebut tentang masalah mesin sepeda motor tersebut.

3. Mencari Tahu Informasi Pemasok Suku Cadang

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah mencari supplier untuk memasok kebutuhan suku cadang pada bengkel yang kalian bangun. Kalian perlu mencari supplier karena di bengkel kalian bukan hanya melakukan layanan servis saja melainkan kalian juga dapat sembari berjualan suku cadang.

Kalian perlu mencari supplier yang menjual suku cadang dengan harga yang murah dan berkualiatas, karena kalian bisa mendapatkan banyak keuntungan nantinya. Contohnya kalian dapat menjual barang sedikit lebih murah dengan harga yang dibawah standar pasar sebagai bahan promosi. Cobalah untuk mencari supplier secara langsung, kalian perlu menghindari pembelian suku cadang dari reseler, karena biasanya harga yang diberikan oleh reseler memiliki selisih yang lebih tinggi dibandingkan dengan supplier langsung. Akan tetapi kalian perlu mempersiapkan dana yang sedikit lebih besar, karena supplier langsung biasanya memiliki minimum pembelian yang lebih besar bila dibandingkan dengan supplier agen.

4. Menyiapkan Strategi Promosi

Langkah selanjutnya yang perlu kalian lakukan dalam membangun usaha bengkel motor adalah melakukan beberapa aktivitas promosi pemasaran agar bengkel yang kalian bangun mudah dikenal oleh para calon konsumen. Kalian juga dapat memanfaatkan media sosial untuk dapat membantu publikasi usaha bengkel motor yang kalian miliki. Lakukan promosi kepada calon pembeli dengan menarik hati pelanggan agar mereka tertarik untuk mengunjungi bengkel yang kalian miliki.

5. Menguasai Teknik Mekanik Secara Bertahap

Untuk kalian yang belum mengetahui tentang masalah mekanik, perlu belajar secara bertahap sambil berjalannya usaha bengkel motor yang kalian miliki. Kalian bisa belajar dari montir yang kalian pekerjakan dengan cara memperhatikan cara penanganan motor dan ikut langsung dalam hal penanganan. Hal ini dapat mengantisipasi apabila montir atau karyawan kalian tidak masuk kerja.

Demikianlah diatas ulasan mengenai tips sukses usaha bengkel untuk anak muda yang perlu kalian ketahui. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk kalian para anak muda yang ingin membangun usaha bengkel motor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *