Bearing Sepeda Motormu Rusak? Inilah Cara Mengatasinya

Bearing Sepeda Motormu Rusak? Inilah Cara Mengatasinya

Bearing merupakan sebuah komponen dari sepeda motor yang memiliki wujud kecil. Komponen yang sering disebut dengan sebutan laher ini walaupun memiliki ukuran yang kecil namun memiliki fungsi yang sangat penting dalam permasalahan keselamatan serta kenyamanan pada saat berkendara. Lalu apa yang akan terjadi bila bearing sepeda motor kamu mengalami permasalahan seperti misalnya oblak? Pastinya itu akan mempengaruhi handling serta kenyamanan pada saat berkendara.

Melindungi poros roda agar tidak langsung bergesekan dengan rumah as pada velg merupakan fungsi dari adanya bearing. Dengan adanya bearing tersebut, putaran roda akan mengalami sedikit gesekan serta dapat lebih normal. Komponen bearing ini akan cepat mengalami oblak apabila kita sering melewati jalan yang rusak serta polisi tidur dengan cara style berkendara yang kurang smooth.

Jalanan yang rusak dapat memberikan tekanan yang berlebih pada komponen bearing sepeda motor, saat sebelum tekanan tersebut diteruskan ke komponen shock breaker alias peredam hentakan. Terus menjadi sering menemukan tekanan yang berlebih hingga akan dapat menimbulkan masa penggunaan bearing jadi lebih pendek. Dari sisi konstruksi, bearing mempunyai 3 bagian, ialah bundaran besi yang terletak dibagian luar, lalu bagian kedua ialah bagian peluru ataupun gotri, serta yang terakhir merupakan bagian bundaran besi yang letaknya terdapat di dalam ataupun poros bearing.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengubah Bearing

Agenda penggantian bearing sepeda motor memanglah tidak memiliki patokan. Tidak seperti dalam mengganti pelumas mesin yang harus dilakukan oleh ukuran jarak tempuh atapun setip bulan sekali. Buat penggantian komponen bearing ini kita wajib mengetahui permasalahan pada bearing serta gejalanya juga sangat gampang kita deteksi. Untuk mendeteksi bearing roda depan yang bermasalah dapat dideteksi dengan merasakan adanya goyangan roda yang seolah – olah goyang ke kiri dan kanan.

Ganti Bearing Sepeda Motor

Dapat pula kita merasakan seolah rem depan serasa aktif, sementara itu kita tidak sedang menekan tuas rem depan. Dampak seperti mengerem ini ditimbulkan dari bearing yang sudah mengalami oblak. Bila bearing sudah oblak hingga otomatis putaran roda jadi tidak presisi. Kanvas pada rem depan juga akan secara otomatis bergesekan dengan cakram depan. Ini pastinya menghasilkan suara decitan serta putaran roda depan juga jadi tidak mudah.

Baca Juga:

Lalu jika telah terjadi seperti itu apa yang harus kita lakukan? bila kita sudah mengetahui bearing yang bermasalah, Solusinya hanya satu ialah menggantinya dengan yang baru. Alasannya, komponen bearing tidak dapat diperbaiki. Di jajaran komponen sepeda motor, bearing tercatat sebagai komponen fast moving alias komponen yang cepat sekali masa pakainya.

Jika kalian telah mengetahui permasalahan pada bearing sepeda motor kalian dan membiarkannya dengan waktu yang cukup lama, itu dapat merendahkan aspek kenyamanan serta keselamatan dalam berkendara. Tidak hanya itu, bila dibiarkan dalam waktu yang lama, akan susah buat melepas bearing dari rumah bearing yang menempel ke velg, terlebih bila bagian peluru ataupun gotrinya habis. Pastinya akan memerlukan waktu yang lebih lama pada saat kita akan memecahkan serta mengubahnya dengan bearing yang baru.

Jadi untuk itu, jika kalian telah mengetahui adanya permasalahan pada bearing sepeda motor yang kalian miliki, maka sebaiknya cepat ganti dengan yang baru jangan sampai terjadi hal – hal yang tidak diinginkan kedepannya yang mengancam keselamatan serta kenyamanan kalian dalam berkendara.

Itulah diatas ulasan mengenai bearing sepeda motor yang rusak dan cara mengatasinya yang perlu kalian ketahui. Demikianlah ulasan ini kami buat semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian sobat rider..

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *