Cek Biaya Kirim Motor Via Kereta Api 2019 Di Sini

Cek Biaya Kirim Motor Via Kereta Api 2019 Di Sini

Di musim mudik, banyak orang mencari biaya kirim motor via kereta api 2019 untuk dibawa ke kampung halaman. Alasan mengapa banyak pemudik yang membawa motor lewat kereta api adalah agar mereka dapat menikmati perjalanan dengan nyaman. Setelah sampai di tempat tujuan, mereka hanya tinggal melanjutkan perjalanan dengan sepeda motor. Ini jauh lebih mudah dibanding harus mudik memakai sepeda motor.

Menggunakan jasa kereta api artinya Anda perlu menyiapkan sejumlah uang untuk mengirim motor. Dengan segala risikonya, Anda juga perlu untuk memahami bahwa ada biaya tambahan jika terjadi keadaan tak diinginkan. Untuk memahami lebih jauh tentang tata cara pengiriman motor, Anda bisa membaca artikel yang telah kami buat berikut ini.

Tata Cara dan Biaya Kirim Motor Via Kereta Api 2019

Bagi Anda yang berniat mudik dengan membawa motor, Anda bisa menggunakan jasa kereta api untuk mengangkut motor Anda. Caranya tidak begitu rumit, namun Anda harus menyiapkan beberapa hal yang diperlukan untuk mendaftarkan motor Anda ke KAI. Ada dokumen sebagai bukti kepemilikan dan ada sejumlah biaya yang dibayarkan. Agar lebih jelas, berikut informasi lengkap mengenai tata cara pengiriman motor via kereta api.

1. Persiapkan Surat-Surat

Dokumen kepemilikan sepeda motor perlu disiapkan sebagai bukti kepunyaan sepeda motor yang Anda kirim. Beberapa surat yang perlu Anda persiapkan ketika akan mengirim motor melalui kereta api diantaranya adalah STNK asli beserta fotokopi BPKB. Jika motor yang Anda miliki masih berstatus kredit, Anda mungkin bisa menyertakan surat keterangan dari pihak leasing.

2. Cek Biaya

Tiap jasa pengirim mematok harga yang berbeda-beda untuk setiap pengiriman sepeda motor. Ada yang membandrol harga sebesar Rp 300.000 – 450.000 untuk Jakarta ke Jawa Barat, ada juga yang menaruh harga Rp 500.000 – 650.000 jika pengiriman dari Jakarta ke Jawa Timur. Harga yang murah memang menggiurkan, namun Anda juga perlu memastikan pelayanan oleh pihak jasa pengirim. Pastikan motor Anda aman saat pengiriman.

3. Mengecek Motor

Ketika akan mengirim motor lewat kereta api, pastikan tangki bensin Anda kosong serta tidak ada barang yang diisi di bagasi. Jika tangki bensin Anda penuh, ditakutkan bensin yang ada di dalamnya tumpah. Sama halnya jika ada barang yang ditinggal di bagasi, maka dikhawatirkan Anda akan kehilangan barang tersebut. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya cek terlebih dahulu motor Anda sebelum dikirim.

Rekomendasi Jasa Kirim Via Kereta Api

Berbagai jasa kirim motor via kereta api dapat Anda coba. Beberapa diantaranya adalah Maxindo Kargo, Kereta Api Logistik, dan Cargonesia. Masing-masing jasa pengirim mempunyai layanan khusus agar dapat memuaskan pelanggan yang menggunakan jasa pengiriman motor lewat kereta api. Pengiriman invoice, penawaran asuransi, jasa pickup juga telah disediakan. Harga yang ditentukan oleh ketiga jasa kirim tersebut terbilang cukup terjangkau sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing mencari promo atau diskon.

Baca juga: Harga Sewa Motor di Bandung Terbaru

Setelah Anda memutuskan untuk mengirim motor lewat kereta api, Anda perlu untuk memastikan bahwa motor Anda tidak tertukar oleh motor lain. Perhatikan selalu detail yang ada pada motor Anda dan lakukan penguncian ganda untuk menghindari tangan-tangan nakal. Dengan begitu, Anda dapat menikmati perjalanan mudik dengan tenang tanpa harus kelelahan. Kami harap semoga artikel tentang biaya kirim motor via kereta api 2019 ini berguna untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *