Diameter Piston Tiger dan Cara Merawat Piston Agar Awet

Diameter Piston Tiger dan Cara Merawat Piston Agar Awet

Anda pecinta motor tiger? maka wajib bagi Anda menyimak artikel tentang diameter piston tiger hingga cara merawat piston ini sehingga Anda benar-benar mengetahuinya. Piston sendiri adalah peranti motor yang sangat penting. Dapat dikatakan, komponen yang satu ini adalah jantungnya motor Anda. Tanpa adanya piston tentu motor juga tidak bisa berfungsi.

Diameter Piston Tiger dan Honda Lainnya

Diameter piston ini tentunya berbeda antara motor satu dengan yang lainnya. Diameter piston Yamaha tentu berbeda dengan milik Honda. Dikarenakan motor ini adalah jenis keluaran Honda, maka ada baiknya disajikan perbandingan diameter yang ada antar motor. Diameternya antara lain adalah sebagai berikut:

Diameter-Piston-Tiger

1. Honda Tiger 2000 diameter pistonnya 63,5 mm

2. Honda Spacy diameter pistonnya 50 mm

3. Honda CB 125 diameter pistonnya 56.5 mm

4. Honda PCX 150 diameter pistonnya 58 mm

5. Honda CB 200 diameter pistonnya 55.5 mm

6. Honda GL Max diameter pistonnya 56.5 mm

7. Honda Tiger 2000 diameter pistonnya 63.5 mm

8. Honda Astrea Impressa diameter pistonnya 50 mm

9. Honda GL 100 diameter pistonnya 52 mm

Dan masih banyak lainnya. Memang terdapat perbedaan yang signifikan meskipun sama – sama keluaran Honda. Misalnya, diameter Piston Vario 125 adalah 52,4 mm dan sedangkan pada diameter piston tiger sendiri adalah 63,5 mm.

Mengetahui diameter dan ukuran piston maka akan memudahkan Anda ketika akan melakukan bore up. Misalnya, Anda ingin melakukan bore up Vario 150, tentu Anda tidak boleh keluar dari aturan ini karena saat melakukan bore up secara mandiri tetap tidak bisa sembarangan.

Cara Merawat Piston Agar Awet dan Tahan Lama

Berbicara mengenai piston, maka Anda harus memahami bahwa harganya juga tidak bisa dikatakan murah. Padahal, ketika Kita memiliki motor, ada banyak biaya yang disiapkan selain piston itu sendiri.

Baca Juga :

Mulai dari bensin hingga perawatan rutinnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk merawat piston Anda. Caranya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Rajin mengganti oli sesuai jadwal

Jika Anda ingin piston Anda awet, maka mengganti oli Anda sesuai jadwal harus Anda lakukan dengan baik. Anda tidak boleh melewatkan waktu ketika dimana oli Anda sudah terlalu encer atau sudah tidak layak lagi. Oli yang buruk akan membuat dinding piston bergesekan yang mengakibatkannya bisa rusak.

2. Gunakan bensin yang berkualitas

Tanpa adanya bensin, tentu motor Anda tidak bisa berjalan, bukan? Maka dari itu penting bagi Anda untuk menggunakan bensin. Dan ternyata, pemilihan jenis bahan bakar juga mempengaruhi pada masa hidup piston Anda. Anda sebaiknya menggunakan bahan bakar yang berkualitas meskipun agak mahal, karena kandungan timbalnya rendah sehingga piston Anda akan awet.

3. Mengecek ring piston secara rutin

Jika Anda sedang melakukan cek rutin keadaan mesin motor, jangan lupa untuk mengecek ring piston yang Anda miliki. Jika ring piston sudah tidak berfungsi atau rusak, segeralah ganti agar tidak merembet kebagian yang lainnya. Tentunya mengganti ring piston lebih murah dibandingkan mengganti piston sendiri.

Kini tentu Anda sudah memahami dan mengetahui tentang bagaimana cara merawat piston agar awet beserta diameter piston tiger jika seandainya Anda ingin melakukan bore up. Anda perlu mengetahuinya sehingga Anda tidak misinformasi dan salah pilih. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *