Strategi Buka Usaha Bengkel Motor Dan Toko Sparepart

Strategi Buka Usaha Bengkel Motor Dan Toko Sparepart

Semakin bertambahnya kendaraan motor dilingkungan masyarakat, maka akan dapat memberikan dampak positif bagi sebagian orang. Peluang usaha yang dapat diambil dari imbas naiknya kendaraan roda dua ini dapat dilihat secara jelas. Karena dianggap sebagai usaha yang sangat prospektif menjadikan banyak pengusaha yang lebih memilih beralih pada usaha bengkel motor. Disamping itu, usaha toko sparepat dan aksesoris sepeda motor juga terus menjadi trend yang meningkat karena terus semakin tingginya permintaan pasar.

Dengan membuka usaha bengkel motor dan toko sparepart adalah peluang usaha yang masih terbuka lebar karena pasar yang begitu luas, sebab sepeda motor setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Hal ini jugalah yang dapat membuat setiap pelaku usaha baru mulai menyukai usaha bengkel motor dan toko sparepart, karena peluang serta prospek omzet yang begitu besar. Lalu bagaimana kira – kira cara yang dapat dilakukan untuk membuka usaha tersebut? Simak ulasannya dibawah ini.

Strategi Membangun Usaha Bengkel Motor Dan Toko Sparepart

1. Siapkan Modal Usaha Buka Bengkel Motor dan Toko Sparepart

Selain niat, modal juga jadi hal yang paling penting dalam setiap usaha, termasuk usaha bengkel motor dan toko sparepart ini. Dalam membuka usaha bengkel motor dan toko sparepart ini memerlukan strategi yang tepat agar prospek omzet yang ingin dicapai dapat terwujud. Misalnya dengan anggaran awal yang kalian miliki harus dibagi sesuai dengan porsi yang sesuai dan tepat. Seperti misalnya sebagai berikut:

  1. Jika kalian belum memiliki tempat usaha, maka kalian perlu menyewa tempat. Anggaran yang perlu disiapkan untuk sewa tempat maksimal adalah 55% dari modal awal yang disiapkan. Termasuk untuk renovasi tempat jika diperlukan.

  2. Sarana dan prasarana yang akan digunakan di bengkel dan toko sparepart pun perlu kalian siapkan. Seperti kunci – kunci yang digunakan untuk bongkar pasang sparepart motor dan drum oli. Hal ini perlu di alokasikan maksimal 15% dari modal.

  3. Siapkan barang dagangan yang akan kalian jual di toko sparepart. Anggaran yang diperlukan juga tidak cukup banyak hanya 25% saja. Kalian bisa siapkan sparepart dari yang paling laku terlebih dahulu seperti misalnya oli, ban, kampas rem dal lain – lain.

  4. Siapkan biaya operasional untuk selama sebulan kedepan untuk dijadikan anggaran cadangan jika ada suatuhal yang tidak diinginkan kedepannya. Sisa modal yang sebelumnya dapat kalian alokasikan ke bagian ini.

Strategi Usaha Bengkel Motor

2. Tentukan Lokasi Bengkel dan Toko Sparepart

Lokasi merupakan jadi hal yang paling berpengaruh dalam keberhasilan dari usaha bengkel motor dan toko sparepart ini. Hal ini diperlukannya analisa dan langkah pengambilan keputusan yang sangat tepat. Dalam hal ini, lokasi yang cocok untuk jadi tempat usaha adalah lokasi yang strategis secara ekonomi. Strategis sendiri maksudnya adalah lokasi usaha bengkel motor dan toko sparepart yang kalian miliki harus mudah dijangkau oleh konsumen. Dan pastikan pula bahwa lokasi bengkel kalian nantinya berada di jalan raya dengan dua arah dan tanpa ada pembatas jalan ditengahnya. Serta yang perlu kalian perhatikan adalah lokasi bengkel kalian harus dekat dengan pusat keramaian seperti misalnya sekolah, perkantoran, kampus, ataupun pasar.

3. Siapkan Sarana Dan Prasarana Bengkel motor dan Toko Sparepart

Setelah lokasi sudah kalian dapatkan, maka hal selanjutnya yang perlu kalian siapkan adalah sarana dan prasarana yang diperlukan dalam menunjang operasional usaha. Sarana dan prasarana tersebut dapat berupa rak barang, meja dan kursi, etalase, papan nama / spanduk bengkel, dan buku nota. Sarana dan prasarana toko yang disiapkan perlu disesuikan dengan budget yang ada. Tidak perlu boros untuk menyiapkan sarana dan prasarana ini, kalian dapat menyiapkanya dengan seminimal mungkin bahkan jika perlu kalian dapat menggunakan barang – barang yang kalian miliki dirumah tanpa harus beli baru. Sebab, sarana dan prasarana bukan lah hal yang akan jadi penentu untuk mendapatkan omzet atau keuntungan. Malahan dengan membeli barang – barang tersebut akan menambah pengeluaran kalian.

4. Siapkan Peralatan Usaha Bengkel Dan Toko Sparepart

Peralatan yang perlu kalian siapkan adalah seperti kompresor, gerinda, bor sampai mesin bubut. Kalian perlu membeli dan memilih peralatan tersebut yang memiliki kualitas baik agar awet dan tahan lama. Disamping itu, kualitas peralatan yang baik akan mempermudah kalian atau mekanik dalam penanganan motor pelanggan.

Baca Juga:

5. Siapkan Barang Dagangan Sparepart Motor

Dalam membeli produk yang akan kalian jual yang harus kalian perhatikan adalah dalam pemilihan distributor sparepart, agar biaya belanja sparepart dapat lebih murah atau minim. Kalian perlu memilih distributor yang telah memiliki reputasi yang baik. Hal ini bertujuan agar kalian dapat mempertimbangkan faktor harga jual, layanan jual, kelengkapan dan keaslian produk, serta layanan garansi yang diberikan oleh supllier tersebut. Produk bengkel dan toko sparepart motor harus memiliki 5 jenis produk diantaranya sebagai berikut.

  1. Sparepart aftermarket

  2. Suku cadang genuine part

  3. Variasai dan aksesoris

  4. Oli

  5. Ban luar dan ban dalam

6. Strategi Pemasaran Bengkel dan Toko Sparepart

Hal yang paling penting dalam setiap usaha adalah pemasaran dan menyiapkan strategi yang tepat untuk memasarkan barang. Karena strategi yang buruk banyak juga pemula yang belum berhasil dalam menjalankan usaha bengkel dan toko sparepart ini. Padahal dalam setiap usaha atau bisnis itu ibaratkan perang yang membutuhkan strategi yang paling tepat untuk memenangkan peperangan tersebut. Banyak sekali strategi pemasaran yang dapat diterapkan, seperti misalnya kalian dapat memanfaatkan media internet dengan baik. Kalian juga dapat melakukan promosi pada teman dan kerabat terdekat terlebih dahulu. Setidaknya merekalah yang akan membantu kalian dalam menyebarluaskan berita tentang bengkel motor dan toko sparepart yang kalian miliki.

Itulah diatas ulasan mengenai strategi membuka usaha bengkel motor dan toko sparepart yang dapat kalian terapkan dalam membangun usaha bengkel motor dan toko sparepart. Ulasan ini kami buat semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk kalian yang akan membangun usaha bengkel motor dan toko sparepart.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *